4 Tempat Wisata Cirebon Yang Wajib Kamu Kunjungi

ambar tersebut menyebutkan rekomendasi tempat wisata yang ada di Cirebon ambar tersebut menyebutkan rekomendasi tempat wisata yang ada di Cirebon

4 Tempat Wisata Cirebon Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Cirebon merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Terletak di tepi utara pulau jawa sehingga mayoritas penduduknya memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Kata Cirebon berasal bahasa sunda dari kata Cai dan Rebon yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti air rebon.

Ya, masyarakat Cirebon memang dikenal sebagai penghasil terasi dan juga petis yang berbahan dasar udang kecil sehingga kota tersebut diberi nama Kota Cirebon. Selain itu, Kota Cirebon juga terkenal akan sejarah islam yang cukup kental.

Pasalnya, Kota Cirebon merupakan tempat penyebaran islam dari Sunan Gunung Jati atau Raden Syarif Hidayatullah dalam menyebarkan dakwah islam di Jawa Barat. Tak hanya itu saja, Kota Cirebon juga memiliki tempat wisata yang tak kalah bagus dengan kota kota lain di Indonesia.

Rekomendasi Tempat Wisata Cirebon yang Instagenik

Meskipun Cirebon dikenal sebagai daerah pesisir, namun tahukah Anda bahwa kota yang dikenal sebagai pusat penyebaran islam di Jawa Barat ini juga dikenal memiliki tempat wisata yang instagenik.

Tercatat, ada banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kota Cirebon. Anda bisa berwisata ke tempat peninggalan sejarah hingga wisata kuliner yang sangat lezat. Ya, Terdapat 4 tempat wisata Cirebon yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berkunjung ke Kota Cirebon. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Tempat wisata Cirebon yang wajib Anda kunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Terletak di Jalan Jagasatru membuat keraton ini menjadi tempat wisata favorit dari Kota Cirebon. Di dalam area keraton terdapat museum yang menyimpan beragam benda pusakan dan berbagai koleksi kerajaan. Selain itu, Anda akan di suguhkan oleh keindahan keraton yang memiliki akulturasi dari budaya Jawa, Sunda, China, dan juga Arab sehingga mempercantik bentuk bangunan Keraton Kesepuhan Cirebon ini

  1. Banyu Panas Paliaman

Bagi Anda yang sedang berwisata di Kota Cirebon, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan wisata Banyu Panas Paliaman. Ya, Anda dapat merelaksasi diri Anda dengan berendam di air panas.

Kawasan wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.Letaknya berada di Desa Paliaman Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon (Jl. Raya Cirebon – Bandung KM 20, Dekat dengan area pabrik semen PT. Indocement Tunggal Prakasa).

Tak perlu khawatir, akses jalan menuju kawasan wisata Banyu Panas Paliaman ini sangat mudah sekali. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencapai ke lokasi wisata.

  1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Nah ini dia tempat wisata Cirebon yang patut Anda kunjungi. Ya, Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan peninggalan dari Sunan Gunung Jati. Masjid ini cukup unik, memiliki arsitektur yang cukup unik yakni perpaduan antara arsitektur khas Jawa, China, dan juga khas Kerajaan Majapahit.

Selain itu, keunikan lainnya adalah terdapat air sumur yang dipercaya bersumber langsung dari mata air zam zam dari Makkah serta adanya adzan pitu (tujuh) yang berarti adzan yang dilantunkan oleh tujuh orang secara bersamaan.

sehingga hal tersebut sangat menarik minat dari para wisatawan untuk mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Kota Cirebon. Tentu saja, masjid ini menjadi salah satu jujukan wisata islami bagi para wisatawan yang sedang berziarah ke makam Sunan Gunung Jati.

  1. Batik Trusmi

Salah satu lokasi yang terkenal untuk berbelanja kain batik adalah di kawasan Batik Trusmi. Ya, menurut cerita Trusmi adalah salah satu murid dari Sunan Gunung Jati, Ki Gede Trusmi yang berdakwah dengan cara mengajarkan membatik di suatu daerah hingga daerah tersebut diberi nama Trusmi.

Di kawasan tersebut, Anda dapat membeli kain batik khas dari Kota Cirebon dengan harga yang relatif murah. Tak perlu khawatir, ada beberapa pilihan motif bati yang dikerjakan oleh para pengrajin. Sehingga, Anda dapat dengan bebas memilih kain batik untuk dibeli.

Nah itulah 4 tempat wisata Cirebon yang dapat Anda kunjungi ketika berwisata di Kota Cirebon. Jadi, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata yang kami rekomendasikan. Tak lupa, Anda bisa membeli oleh-oleh juga ketika berkunjung ke tempat wisata yang ada di Cirebon.