Banyak Berkeringat Memicu Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

gambar tersebut menyebutkan manfaat keringat yang dikeluarkan oleh tubuh gambar tersebut menyebutkan manfaat keringat yang dikeluarkan oleh tubuh

Banyak Berkeringat Memicu Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Ketika kita melakukan aktivitas fisik yang cukup berat atau beraktivitas di tempat yang panas atau di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung tubuh akan mulai berkeringat. Keringat memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kerja tubuh.

Keringat merupakan cairan yang dibuat oleh kelenjar keringat untuk menstabilkan suhu inti tubuh dimana manusia memiliki dua hingga empat juta kelenjar keringat di seluruh bagian tubuh. Kelenjar keringat ini terbagi menjadi dua yakni kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Proses pembentukan keringat terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik yang menggunakan banyak tenaga sehingga suhu tubuh akan meningkat dari peningkatan suhu tubuh itulah otak akan mengirim sinyal kepada sistem saraf untuk merangsang kelenjar ekrin untuk memproduksi keringat. Keringat ini keluar melalui pori-pori kulit di mana kegiatan itu berguna untuk menstabilkan suhu tubuh.

Cairan yang keluar dari dalam tubuh diproduksi oleh kelenjar ekrin yang berada di hampir seluruh bagian tubuh Seperti telapak tangan, telapak kaki, dahi, ketiak, dan pipi. Sedangkan kelenjar apokrin ditemukan di sekitar area selangkangan dan sekitar area ketiak. Kelenjar apokrin ini bukan hanya dipicu oleh suhu tubuh yang meningkat tetapi juga didorong oleh stres cemas dan hormon yang tak menentu.

Biasanya orang-orang yang bertubuh lebih besar akan memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak sehingga ketika melakukan aktivitas berat akan mengeluarkan lebih banyak keringat. maka dari itu, biasanya orang gemuk akan cenderung mudah berkeringat.

Ketika kita mengeluarkan keringat tak jarang akan mengalir dengan tak sengaja masuk ke dalam mulut dan akan mengecap rasa asin. Rasa asin itu sebagian besar dihasilkan oleh kelenjar ekrin karena mengandung natrium atau garam. Zat ini dikeluarkan tubuh ketika berkeringat agar kadar garam di dalam tubuh tetap seimbang.

Ada beberapa zat lain yang juga terkandung di dalam keringat seperti protein yang dikeluarkan untuk membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Urea yang dikeluarkan untuk membantu memproses protein tertentu. Dan amonia yang digunakan untuk menyaring nitrogen dalam urea.

Tak hanya rasa asin yang dikeluarkan tetapi keringat juga mengeluarkan bau yang tak sedap padahal sebenarnya cairan itu tidak berbau. Karena terpapar oleh bakteri yang ada di kulit menimbulkan bau yang tak sedap pada keringat. Biasanya Keringat yang bercampur dengan bakteri yang kemudian menimbulkan bau tidak sedap itu berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang memiliki tekstur jauh lebih tebal dan mengandung lemak. Jadi ketika lemak terpecah oleh bakteri akan ada zat yang menimbulkan bau.

Manfaat keringat untuk kesehatan

  1. Membuang racun dari tubuh

Keringat mengandung cairan tubuh dan juga membawa berbagai jenis senyawa seperti kadmium aluminium dan mangan yang berpotensi beracun jika tersimpan banyak di dalam tubuh.

  1. Mempercantik kulit

Keringat akan keluar melalui pori-pori kulit dengan begitu kotoran yang terdapat di dalam pori-pori akan terdorong keluar oleh keringat. Hal tersebut membuat pori-pori kembali bersih sehingga banyak yang mempercayai bahwa berolahraga akan membuat Anda semakin cantik karena produksi keringat yang terbuang dari pori-pori. Namun yang harus anda kontrol adalah berkeringat dengan tidak berlebihan. Jika keringat keluar secara berlebihan akan memicu tumbuhnya jamur pada kulit.

  1. Menurunkan risiko batu ginjal

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa berkeringat akan mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium pada tulang hal ini akan membatasi garam dan kalsium pada ginjal yang merupakan asal dari batu ginjal. Ketika kita berkeringat maka kita akan cenderung untuk meminum lebih banyak air yang juga merupakan pencegahan dari batu ginjal. Ada penelitian yang mengatakan bahwa ketika berjalan selama beberapa jam dapat mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

Agar Berkeringat Setiap Hari

  1. Meningkatkan intensitas olahraga.

Ketika anda meningkatkan intensitas olahraga maka suhu tubuh akan semakin meningkat sehingga olahraga dapat meningkatkan tubuh memicu keluarnya kelenjar keringat.

  1. Berada di dalam ruangan yang panas

Jika kita berada di dalam ruangan yang kurang akan udara biasanya kita akan merasa kegerahan sehingga tubuh pun akan mengeluarkan keringat secara otomatis. Selain dengan berada di ruangan yang panas dengan kurangnya udara bisa juga masuk ke dalam ruangan mandi uap panas di tempat-tempat yang sudah menyediakan ruangan tersebut.

  1. Gunakan baju dengan beberapa lapisan

Ketika kita menggunakan baju dengan beberapa lapisan maka akan menjebak panas dan membantu meningkatkan suhu tubuh, pemanasan itu akan mengaktifkan kelenjar keringat.

Yang perlu dipahami adalah saat kita berkeringat maka jumlah cairan dalam tubuh otomatis akan berkurang hal ini akan menyebabkan dehidrasi maka dari itu ketika kita melakukan kegiatan fisik yang jauh lebih berat dengan mengeluarkan keringat secara berlebihan harus diseimbangkan dengan konsumsi air untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jangan lupa untuk minum air sebelum dan sesudah olahraga untuk merefil cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas.