Pencegahan Sel Kanker Hidung Yang Harus Diperhatikan

gambar tersebut menyebutkan bagaimana cara mencegah sel kanker hidung gambar tersebut menyebutkan bagaimana cara mencegah sel kanker hidung

Pencegahan Sel Kanker Hidung Yang Harus Diperhatikan

Apakah kamu pernah mendengar tentang penyakit kanker hidup? Ya, penyakit kanker ini adalah kondisi dimana sel kanker yang menyerang bagian hidung manusia. Jaringan yang biasa diserang adalah jaringan hidung, sinus dalam hidung, dan bagian langit-langit pada mulut. Penyakit kanker hidup ini sangat jarang terjadi. Hanya ada beberapa orang di seluruh dunia yang menderita penyakit kanker ini. Umumnya, para penderita kanker hidung ini tidak menyadari adanya penyakit dalam dirinya.

Gejala yang ditimbulkan dari kanker hidung ini dinilai sangat mirip dengan gejala penyakit flu. Hidung tersumbat, sering merasa sakit kepala, perubahan suara yang menjadi serak merupakan gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit kanker hidung ini. Yuk kita bahas mengenai penyakit kanker hidung ini agar kalian dapat mencegah dan mengenali adanya penyakit kanker ini di dalam tubuhmu.

Gejala Kanker Hidung Yang Harus Diwaspadai

Sama dengan penyakit kanker lainnya, gejala yang ditimbulkan dari penyakit kanker hidung ini juga berdasarkan besar sel tumor kanker yang berada di dalam tubuh. Gejala yang harus diwaspadai pada tahap awal seperti mimisan, hidung tersumbat seperti flu, penurunan fungsi indera penciuman, dan sering keluar air dari hidung.

Jika hal tersebut dibiarkan yang akan terjadi adalah pembesaran sel kanker di dalam tubuh yang akan menimbulkan gejala yang dapat merusak organ lainnya seperti pembengkakan kelenjar getah bening yang terdapat di leher, mati rasa pada sebagian atau seluruh wajah, berkurangnya fungsi indera penglihatan, dan adanya benjolan di sekitar mata, hidung, atau langit-langit mulut.

Pengobatan yang tersedia untuk Penyakit Sel Kanker Hidung

Jika kamu sudah merasakan tanda – tanda yang semakin parah harus segera dilakukan pengobatan. Ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan yaitu :

  1.   Operasi

Hal umum yang dapat dilakukan oleh semua tingkatan stadium kanker hidung adalah dengan menjalankan operasi. Dokter akan mengangkat sel kanker melalui tindakan operasi. Jika sel kanker tersebut sudah menyebar, dokter juga akan melakukan tindakan pengangkatan kelenjar getah bening. Dokter juga akan menyuruh pasien penderita kanker hidung yang telah melakukan operasi pengangkatan sel kanker untuk melakukan kemoterapi untuk membasmi sisa sel kanker agar tidak berkembang. Kemoterapi aan diberikan secara rutin sampai penyakit kanker hiung ini dinyatakan hilang dan sembuh.

  1. Terapi Radiasi

Terapi radiasi ini dilakukan oleh dokter dengan menggunakan sinar X yang dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh. Ada dua jenis terapi radiasi yang dianjurkan oleh dokter yakni terapi radiasi eksternal dan terapi radiasi internal. Terapi eksternal akan dilakukan diluar tubuh, sedangkan terapi radiasi internal dilakukan di dalam tubuh dengan bantuan suntikan atau kateter di dekat sel kanker di dalam tubuh.

Pemberian terapi ini akan disesuaikan dengan tingkatan keparahan yang dialami oleh pasien. Terapi yang diberikan memiliki efek samping yang dapat berpengaruh dengan sistem kerja organ didalam tubuh.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan jenis pengobatan yang dilakukan dengan pengobatan menggunakan obat-obatan yang harus diminum secara rutin yang dapat membantu membunuh sel kanker di dalam tubuh. Ada dua jenis kemoterapi yang digunakan para dokter untuk menangani pasien kanker yaitu dengan kemoterapi regional dan sistematik.

Kemoterapi sistemik dilakukan dokter dengan memasukkan suntikan ke dalam pembuluh darah. Sedangkan kemoterapi regional yaitu pemberian obat yang dilakukan langsung pada organ dimana sel kanker tersebut tumbuh.

Selain pengobatan yang akan dilakukan oleh para dokter, kamu juga diharuskan untuk menjaga kesehatan diri sendiri agar sel kanker hidung ini tidak terus berkembang. Ada beberapa pola hidup yang harus kamu terapkan seperti :

  • Selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan buah segar
  • Makan makanan berprotein tinggi (ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan)
  • Hindari makanan olahan (ikan yang diasapkan, daging olahan seperti daging burger, dan olahan lain yang mengandung pengawet)
  • Tidak meminum minuman beralkohol
  • Kurangi asupan yodium
  • Tidak makan makanan pedas
  • Makan makanan yang diolah secara lunak

Pengobatan kanker hidung akan lebih efektif jika kamu melakukan pengobatan rutin dengan dokter dan menjaga pola hidup sehat. Itulah penjelasan lengkap tentang kanker hidung yang jarang diderita oleh masyarakat. Bukan berarti penyakit yang jarang diderita ini tidak akan menyerang diri sendiri. Selalu waspada jika mengalami tanda-tanda di atas. Segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli agar sel kanker di dalam tubuh tidak berkembang dan tidak mematikan.